Universitas Al-Azhar Gelar FGD Tracer Study

UNIVERSlTAS Al-Azhar Medan meng­­gelar diskusi kelompok terarah atau focus group discussion (FGD) mengenai studi penelusuran (tracer study). Kegia­tan ini ditujukan bagi mahasiswa calon wi­su­dawan 2017 di kampus tersebut, Sabtu (9/12).

Tampil sebagai narasumber dalam FGD tersebut Drs Ami Dilham MSi dan do­sen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uni­versitas Sumatera Utara (FEB USU), Dr Ulfa Nadra MSi. Hadir dalam pem­bukaan FGD Wakil Rektor I Universi­tas Al-Az­har, Ir Ahmad Sofian MP.

Ahmad Sofian dalam kesempatan itu memberikan semangat dan motivasi kepada segenap calon wisudawan untuk terus berhubungan dengan almamater. Walaupun nantinya sudah masuk dalam dunia kerja.

“Isian dari studi penelusuran berguna untuk bisa memantau kesuksesan alumni dan juga memberikan masukan bagi perkembangan pembelajaran sehingga terus menjadi universitas favorit bagi masyarakat,” katanya.

Ketua Panitia Pelaksana, Sinto SE MM me­ngatakan, komitmen Universitas Al-Azhar untuk melakukan studi penelusuran merupakan budaya yang akan terus dilaksanakan. “Tanggung jawab terhadap sukses sebagai mahasiswa dan alumni menjadi tantangan kami untuk mewujud­kan inovasi dalam menghadapi MEA dan se­belum melangkah ke dunia kerja, di­per­siapkan FGD dengan pemateri andal di bidangnya,” jelasnya.

Ami Dilham dalam paparannya menjelaskan, agar bisa sukses, seseorang harus memiliki karakter berpikir besar, fokus dan berdasarkan realita. Lalu mampu.beradaptasi dengan lingkungan, berkompetisi, ulet dan terus berusaha menjadi nomor satu.

“Jangan pernah bosan untuk menjadi ter­baik dan selalu berkawan dengan orang suk­ses. Anda adalah anda yang percaya dengan tinggi untuk memiliki energi yang kuat dalam meraih sukses,” jelasnya memotivasi.

Sementara itu, Ulfa Nadra menyatakan, setiap alumni harus selalu mengasah ke­mam­puan, keilmuan dan keahlian, khu­su­snya bahasa asing. Pemikiran di luar ru­­tinitas (out of the box) harus dikem­bang­kan berdasarkan kelebihan yang di­miliki sejalan dengan nama besar per­guruan tinggi maupun indeks prestasi ku­mu­latif (IPK) yang diinginkan peru­sahaan pe­nerima.

Di akhir acara, moderator acara M Umar Maya Putra SE MSi yang juga Kepala UPT Kewirausahaan dan Layanan Karir menyatakan akan memasukkan data secera menyeluruh. Setiap alumni juga akan dihubungi dalam dua tahun ke depan untuk melihat perkembangan dunia kerja.

Di sisi lain, bagi mahasiswa universitas ini juga akan diberikan pelatihan dalam men­ghadapi dunia kerja sebagai kalender rutin universitas. FGD Tracer Study me­ru­pakan implementasi komitmen pergu­ruan tinggi untuk terus melakukan rekam jejak calon lulusan. Tujuannya untuk me­metakan pasar kerja yang di­na­mis dari sisi pencari kerja serta melihat dan merekam perjalanan alumni sejak lu­lus sampai saat studi ini dilakukan.

Studi yang diikuti sebanyak 167 ma­hasiswa itu juga untuk perencanaan pe­ngembangan kurikulum sesuai dengan um­pan balik yang diberikan mahasiswa. Hal tersebut sesuai arahan dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Bel­mawa) Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi.