Universitas Al Azhar Mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Tausiyah Ramadhan dan Infaq Al Qur’an

Safari Ramadhan News

Medan, 18 Mei 2019 – Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat yang memotivasi umat islam untuk meningkatkan kualitas Ibadah kepada Allah SWT. Untuk menyambut bulan ramadhan 1440 H, Tim safari Ramadhan Universitas Al Azhar yang diketuai oleh H. Sinto, SE, MM mengadakan pengabdian masyarakat sesuai dengan misi ketiga Universitas Al Azhar yaitu menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang membawa kemaslahatan. Kegiatan ini bertajuk memberikan infaq Al Qur’an dan Tausiyah Ramadhan dengan tim penceramah Universitas Al Azhar yaitu Dr. Muhamedi, M.Ag, Drs. Tony Dwifan, M.Pen I, Drs. Nazaruddin, Drs. Sariman, Drs. Wahid Hasan, Drs. H. Syamsuddin Nasution. Kegiatan mulai dilaksanakan pada awal Ramadhan dan sampai saat ini masih berlangsung.

Rektor Universitas Al Azhar, Ir. Dermawan Hutagaol, MP mengatakan bahwa Universitas Al Azhar sangat antusias mengadakan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Semangat dosen Universitas Al Azhar dalam memberikan infaq Al Qur’an menunjukan kualitas ibadah yang semakin meningkat khususnya di bulan ramadhan. Semakin banyak ibadah yang dilaksanakan di bulan penuh berkah ini, semakin banyak pahala yang diperoleh. Semoga wujud kepedulian ini dapat meningkatkan kemaslahatan bagi para jamaah dalam meningkatkan literasi Al Qur’an di Kota Medan.

Ketua Tim Safari Ramadhan Universitas Al Azhar, H. Sinto, SE, MM menjelaskan bahwa Pengabdian masyarakat memberikan tausiyah di 15 Masjid seputaran wilayah Suka Tani STM, Jalan Binjai, Diski, Namo Rambe, Medan Johor, Padang Bulan, Jalan Amal, Titi Kuning, Pancur Batu, Medan Marelan. Tausiyah ramadhan ini merupakan wujud kepedulian masyarakat dalam meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT. Tim penceramah merupakan Tim Lembaga Pengembangan Ilmu Agama (LPIA) Universitas Al Azhar yang berpengalaman dalam mengedukasi  masyarakat di Kota Medan.

Pengabdian masyarakat ini telah dilaksanakan di Masjid Ainul Yakin Jl. Binjai, Masjid Al Hikmah Namo Rambe, Masjid Al Ihsan Medan Johor, Masjid Mutaqin Padang Bulan, Masjid At Taubah Diski, Masjid Nurul Al Dyis Medan Johor, Masjid Munawarah Titi Kuning, Masjid Istiadah Jl. Amal Medan, Masjid Jami Pancur Batu, Mushola Muzasa Komplek Rispa IV Johor, Masjid Al Islah Kampung Lalang, Masjid Al Iklash Suka Tani STM, Masjid Al Ikhsan Suka Taba STM, Masjid Al Hidrah Kec. Medan Labuhan, Masjid Nurul Huda Medan Marelan. Masyarakat mengikuti tausiyah ramadhan secara khidmat yang berlangsung selama 15 s.d 20 menit selepas sholat Isya.

Drs. Sariman Al Faruq, Tim Penceramah Safari Ramadhan Universitas Al Azhar menjelaskan bahwa Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al Qur’an. Al Quran adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil) yang diambil dari QS. Al Baqarah: 185. Dengan adanya Al Qur’an, Umat Islam akan lebih terarah dalam menjalankan kehidupan dan mampu menyelesaikan secara bijaksana segala kendala dengan mempedomani Al Qur’an di setiap tindakan di muka bumi.

Lebih lanjut Drs Sariman Al Faruq memaparkan bahwa QS. Al Baqarah: 183 menjelaskan bahwa “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa”. Dengan peningkatan ketakwaan melalui puasa, Umat islam dapat meningkatkan kualitas keimanan. Kualitas keimanan perlu ditingkatkan dengan sering dan gemar membaca Al Qur’an sebagai petunjuk didalam beraktivitas dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kegiatan ini akan terus berlangsung dan diakhiri pada malam 25 ramadhan serta kita berharap bahwa puasa ramadhan 1440 H akan meningkatkan kualitas taqwa kepada Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *