Universitas Al Azhar Melaksanakan Wisuda Sarjana 2019

TCC, Medan, 25 July 2019

Universitas Al Azhar melaksanakan wisuda sarjana 2019 di Tiara Convention Center, 25 Juli 2019 dengan mewisuda 125 mahasiswa dengan perincian Fakultas ekonomi: 73 orang, Fakultas Hukum: 11 orang, Fakultas Pertanian: 8 orang dan Fakultas Teknik 33 orang. Dalam wisuda ini dilakukan penyematan penghargaan kepada Dr. Ulfa Nadra, SE, M.Si yang telah menyelesaikan Studi S3, Dra. Asmara Sari Nst  yang telah mengabdi selama 25 tahun dan penyerahan   piagam  penghargaan  kepada Dosen Purna Bakti, kepada Ir. H. Abdul Munir, MT.

Gambar 1. Prosesi Sidang Senat Universitas Al-Azhar

Rektor Universitas Al Azhar, Ir. Dermawan Hutagaol, MP menyatakan bahwa mengacu pada konsep pendidikan 4.0 Universitas Al Azhar melakukan upaya perubahan standar proses pembelajaran antara lain membekali multi kompetensi/multi skill kepada lulusannya, pendidik/peserta didik harus aktif dalam mengeksplorasi sumber belajar, memberikan ruang waktu kepada mahasiswa untuk meningkatkan soft skill dan ikut berkontribusi dalam program pembelajaran sepanjang hayat (Life Long Continuing Learning).

Gambar 2. Pembina Yayasan Hajjah Rachmah Nasution, Ketua Yayasan Hajjah Rachmah Nasution, dan Rektor Universitas Al-Azhar

Pembina Yayasan Hajjah Rachmah Nasution, Machyuzar Nasution memberikan nasehat kepada lulusan Universitas Al Azhar untuk tepa menerapkan ciri khas prilaku akhlakul karimah dalam masyarakat, hormatilah orang tua dan mengikatkan tiga hal yaitu: jangan puas dengan apa yang telah dicapai sehingga terus menambah ilmu sesuai dengan dunia kerja, tingkatkan ibadah kepada Allah SWT, Tingkatkan potensi diri untuk menghadapi tantangan global.

Gambar 3. Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, dan Wakil Rektor III Universitas Al-Azhar

Kepala Lembaga LLDIKTI 1 Sumatera Utara, Prof.  Dian Armanto,  M.Pd,  MA, M.Sc,  Ph.D mengucapkan selamat kepada Universitas Al Azhar yang telah mewisuda alumni. Beliau juga memberikan nasehat bahwa tantangan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dimanapun berada untuk selalu disiplin, taat kepada standar operasional prosedur (SOP), berprilaku baik, tabah untuk berproses meningkatkan jenjang karir. Proses pembelajaran KKNI menuntut perubahan secara terus menerus dari aspek ilmu, teknologi dan kemampuan menjelaskan masalah. Kombinasi masalah yang terjadi akan terus berputar akan disesuaikan dengan perkembangan ilmu dan harus mampu menyelaraskan dengan perkembangan teknologi.

Gambar 4. Kata Sambutan Kepala LLDIKTI I

Ratna Juwita Sitepu, SH, M.H,  Anggota DPRD kota Medan selaku perwakilan alumni Universitas Al Azhar mengucapkan selamat kepada orang tua yang telah berhasil menamatkan putra/i ke dalam menyelesakan program sarjana. Universitas Al Azhar sangat berperan dalam peningkatan jenjang karir alumninya sehingga selalu terdepan dalam meningkatkan prestasi. Pesan beliau bahwa jangan pernah putus asa dan tetap haus ilmu.

Zulkifli AR, SH, M.Hum mewakili orang tua wisudawan/ti juga turut memberikan selamat kepada wisidawan/ti dan berharap terus meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dan menjaga nama baik almamater Universitas Al Azhar.

Untuk wisudawan/ti terpilih dari 4 fakultas yaitu: Fakultas Ekonomi,   Syahda Nur Ihsani, S.E. putri dari Bapak Drs. Irwansyah, Fakultas Hukum,  Novitawati, S.H.   putri dari Bapak Wagimin, Fakultas Pertanian,  Suherman, S.P.  putra dari Bapak Sunarno, Fakultas Teknik  Rega Miyarni, S.T.  putri dari Bapak Yasman.

Dalam wisuda ini, juga diberikan Penyerahan  piagam  penghargaan  kepada dosen penerima Hibah Penilitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dari Kemenristekdikti kepada :

Muhammad Umar Maya Putra, SE, M.Si, Syafri Chan, S.H, M.Hum., DR. Dra. Roswani Siregar, M.Hum., Drs. Ferry Safriandi, M.Si., Ir. Nuraida, M.P., Dra. Asmara Sari Nasution, M.Si, Erwin Syahputra, ST, MT., Prinsi Rigitta, S.S, M.Hum, Windi Aginta, S.S, M.Si., Syamsul Bahri Surbakti, SE, MM.

Sebelum menutup acara, Rektor memberikan piagam penghargaan kepada mahasiswa pemenang Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Kemenristekdikti yaitu Aan Putra Sardiwa NPM 17210002 dari Fakultas Pertanian, Mustofa Akhyar NPM 15210003 dari Fakultas Pertanian, Bima Nurcahya NPM 17210017 dari  Fakultas Pertanian didampingi oleh dosen Pembimbing ibu Erlita, SP, MP.

Sebelum melaksanakan Wisuda, Universitas Al Azhar dalam gladi resik melakukan Pra Tracer Study melalui google form dan pengarahan pentingnya Tracer Study. Dalam edukasinya, UPT Layanan Karir dan Kewirausahaan memamparkan pentingnya tracer study untuk mengetahui hasil pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan ke dunia usaha dan industri, keluaran pendidikan berupa penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi. Pada tahun 2020, akan dilakukan kembali tracer kepada pada wisudawan/ti untuk melihat posisi kerja dalam berkompetisi di era revolusi Industri.

Dalam kalimat penutup acara wisuda, Rektor mengucapkan rasa syukur kepada allah swt seluruh  rangkaian acara telah  berjalan dengan sukses dan hikmat,  sidang terbuka senat Universitas Al-Azhar, Kamis tanggal 25 juli  2019 dengan acara tunggal wisuda sarjana universitas  al-azhar  tahun 2019  secara resmi  ditutup  dengan ucapan alhamdulillahi rabbil ‘aalamin.

 

ttd,

Panitia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *