Universitas Al Azhar Melakukan Kuliah Umum Dengan Bursa Efek Indonesia Perwakilan Sumatera Utara

Untuk meningkatkan kompetensi dan keilmuan sebagai aktualisasi pembelajaran KKNI, Forum Mahasiswa Bidikmisi (Formadiksi) Universitas Al-Azhar melalui kepanitiaan yang diberi nama Satuan Tugas Kuliah Umum menyelenggarakan Kuliah Umum berjudul “Investasi Pasar Modal Untuk Generasi Milenial”. Kuliah Umum ini merupakan kegiatan awal pelaksanaan semester genap Tahun Akademik 2019/2020 di Aula Universitas Al-Azhar. Kegiatan ini mengundang tenaga ahli di bidang pasar modal menjadi Narasumber. Bertindak sebagai narasumber adalah Senior Officer sekaligus Trainer Bursa Efek Indonesia Perwakilan Sumatera Utara, Bapak Ferdinand Sihombing yang bertempat di Aula Universitas Al Azhar pada hari Selasa, 11 Februari 2020.

Ketua Formadiksi Universitas Al Azhar,  Fahrizal S.Siagian, dalam sambutannya menjelaskan bahwa sesuai dengan Visi Universitas Al-Azhar yaitu Menjadi Universitas Unggul di bidang sains dan teknologi, berjiwa kewirausahaan dan berbasis nilai-nilai keislaman 2025, mahasiswa harus selalu mengoptimalkan segala sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan kompetensi agar memiliki daya saing di tingkat Regional maupun Nasional. Optimisme ini dapat  terwujud dengan melihat perkembangan kampus yang semakin hari semakin meningkat baik dari tri dharma meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor Universitas Al-Azhar, Ir.Dermawan Hutagaol, M.P., dalam kata sambutannya beliau sangat mengapresiasi Formadiksi Universitas Al Azhar dan semua pihak yang telah bersusah payah menyelenggarakan kegiatan ini. Sejalan dengan Revolusi Industri 4.0, Mahasiswa  harus mampu mandiri dalam menyesuaikan keadaan yang terjadi. Salah satu kemandirian dapat ditingkatkan dengan inovasi dan kreatifitas dalam membuat kegiatan yang kali ini bertajuk pasar modal. Perkembangan pasar modal yang saat ini sangat significant, perlu menjadi pemikiran bagi kita semua untuk bisa mengambil bagian sebagai dasar meningkatkan konsep kewirausahan yang sejalan visi dan misi. Semoga kegiatan ini akan membawa manfaat bagi kita semua.

Senior Office sekaligus Trainer Bursa Efek Indonesia Perwakilan Sumatera Utara, Ferdinand Sihombing dalam pemaparannya mengatakan bahwa kita sangat dianjurkan untuk  berinvestasi karena sangat baik untuk mengembangkan perekonomian keluarga dan masyarakat. Investasi merupakan cara bagaimana agar uang kita bisa bertambah. Masa  pensiun, sakit dan hal lainnya menyebabkan kita tidak bisa memperoleh penghasilan sehingga  kita perlu berinvestasi namun  harus waspada akan investasi bodong yang akhir-akhir ini marak terjadi.

Beliau juga mengingatkan bahwa pasar modal kita didominasi oleh asing sehigga kaum milenial harus berinvestasi di pasar modal agar keuntungannya tidak mengalir keluar negeri. Investasi saham menjadi solusi untuk  meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan masyarakat Indonesia.Terkait aspek syariah, Bursa Efek Indonesia turut diawasi oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI). Untuk memastikan investasi saham yang sesuai syariah.

Kuliah Umum kali ini dihadiri oleh ratusan peserta Universitas Al Azhar yang sangat antusias mengikuti sampai akhir acara. Akhir dari acara penyerahan cinderamata dilakukan oleh Ibu Rektor kepada pemateri yang disaksikan para wakil rektor, bapak-ibu ketua program studi dan Ketua Formadiksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *