Universitas Al Azhar Melakukan Seleksi Penerimaaan Magang Bersertifikat

Universitas Al Azhar melaksanakan seleksi penerimaan magang mahasiswa bersertifikat secara internal yang akan ditempatkan di PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I (Persero). Program magang ini terlaksana sejak dilakukan perjanjian kerjasama pada 25 September 2020 pada saat dilaksanakan kuliah perdana Pelindo I di Universitas Al Azhar. 33 Mahasiswa mengikuti seleksi dari 4 prodi yang diminta itu: Akuntansi, Manajemen, Ilmu Hukum dan Teknik Industri mengikuti 2 seleksi yaitu Test Potensi Akademik Secara Online dan tes wawancara yang dilakukan oleh perwakilan dari kepala program studi dan pihak rektorat. Kegiatan ini berlangsung selama satu harian dan langsung diumumkan selepas semua seleksi dilaksanakan.

Rektor Universitas Al Azhar, Ir. Dermawan Hutagaol, MP dalam sambutannya mengatakan bahwa satu kepercayaan Universitas Al Azhar yang menjadi 10 kampus yang diundang Pelindo I untuk mengikuti tes magang bersertifikat. Beberapa hal yang perlu dijaga adalah kedisplinan, kompetensi, taat dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan menjaga nama baik almamater pada saat mengikuti seleksi maupun setelah diterima. Program ini merupakan Nawa Cita Presiden, Sinergi BUMN dan Komitment FHCI untuk berkontribusi dalam pengembangan SDM serta memberikan pengayaan wawasan & keterampilan untuk mempersiapkan dan menciptakan SDM Indonesia yang unggul terutama dalam menghadapi persaingan global.

Kepala UPT Layanan Karir dan Kewirausahaan, M. Umar Maya Putra, SE, M.Si, menjelasakan bahwa Program Magang ini merupakan suatu bentuk kepercayaan BUMN secara nyata kepada Universitas Al Azhar. Di dalam pelaksanaan kegiatan diperlukan bukan hanya mahasiswa yang kuat dari sisi akademis melainkan perlunya melakukan explore hobby, memiliki kompetensi dalam melakukan kegiatan keahlian serta rajin mengikuti seminar, workshop yang berkaliber nasional dan internasional. Hal ini menjadi poin utama kepada mahasiswa yang melakukan seleksi internal untuk dibuktikan secara langsung melalui interview. Untuk tes potensi akademik, dilakukan melalui hp android dan diumumkan secara langsung score sebagai konsep era digital yang sudah dilaksanakan oleh Universitas Al Azhar.

Tes interview dilaksanakan oleh kepala prodi manajemen, akuntansi, ilmu hukum dan teknik industri yang berpatner dengan wakil rektor I dan III. Pada saat interview semua pertanyaan diarahkan kepada kompetensi, hobby yang diexplore dan sertfikat seminar yang diikuti sehingga memiliki hasil yang valid dan mampu diajukan mengukti seleksi langsung di Pelindo I. Teripilih 12 mahasiswa dari 4 prodi dan akan mengikuti seleksi secara langsung di Pelindo I pada hadi Jum’at, 17 Januari 2020 untuk seleksi kelengkapan berkas dan Senin, 20 Januari 2020 untuk tes wawancara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *