Universitas Al Azhar Menggelar Workshop E-Learning

Universitas Al Azhar menggelar Workshop E-learning Berbasis Aplikasi Menuju Paperless University pada hari Selasa, 3 Desember 2019 di Gedung Fakultas Ekonomi dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam pembelajaran elektronik (E-learning) di Era Industri 4.0. Pemateri pada acara ini adalah Zufri Hasrudy Siregar, ST., M.Eng yang merupakan Ketua Prodi Teknik Mesin. Hadir dalam kegiatan ini adalah Wakil Rektor I, Dekan Fakultas Teknik Universitas Al Azhar.

Dekan Fakultas Teknik, Dr. Masdaniah Zurairah Siregar selaku ketua panitia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan suatu implementasi dari era industri 4.0 yang perlu dikembangkan oleh setiap kampus. E-Learning merupakan konsep pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi yang akan melibatkan mahasiswa secara aktif bersama dosen. Konsep pembelajaran menuntut kemampuan dosen dalam mempersiapkan skenario pembelajaran secara baik agar dapat diterima oleh mahasiswa dengan baik. Dengan kegiatan ini, Dosen dapat memperhatikan persiapkan konsep pembelajaran e-learning.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Ir. Ahmad Sofian, MP menjelaskan bahwa Universitas Al Azhar akan terus berupaya mengikuti terobosan teknologi dalam memperkuat pengajaran. Dimulai dari penjaminan mutu, telah melakukan survei online untuk monitoring dan evaluasi yang sudah berjalan selama 2 tahun dan menghasilkan konsep pembelajaran yang bagus. Universitas Al Azhar sudah melakukan studi banding dengan Kampus lain yang telah melaksanakan terlebih dahulu pembelajaran e-learning untuk memperkuat pelaksanaan di Universitas Al Azhar. Semoga acara ini menjadi inspirasi terbaik bagi kita semua dalam mengembangkan proses pembelajaran secara berkelanjutan.

Zufri Hasrudy Siregar, ST., M.Eng menjelaskan bahwa Pengenalan E-learning memiliki desain dari Moodle Basis Web dan Google Class Basis Aplikasi. Dalam pelaksanaan dapat dilakukan melalui Implementasi melalui penggunaan User (HP/ Laptop) dan Admin (HP/ Laptop). Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam e-learning yang diperhatikan peserta melakukan praktek secara langsung sehingga dapat membangun e-learning berbasis aplikasi googleroom. Dengan Praktik membuat googleclass dan registrasi melalui penggunaan : HP, Laptop, LCD & trash bag dapat memuat sisi interaktif dari dosen dan mahasiswa dalam mengikuti konsep pembelajaran yang dirancang. Web yang digunakan Google class (classroom.google.com), google room dan sevina delink  & pedagogy serta dilakukan E-learning akan dilanjutkan kembali menunggu jadwal yang telah ditetapkan.

Dengan pelaksanaan Kegiatan Work Shop E-Learning ini, akan membuat Universitas Al Azhar semakin siap dalam menatap pembelajaran di era Industri 4.0. Teknologi merupakan suatu hal yang perlu dikembangkan untuk menciptakan interaksi yang bagus antara dosen dan mahasiswa khususnya visi Menjadi Universitas unggul di bidang sains dan teknologi, berjiwa kewirausahaan dan berbasis nilai-nilai Ke-Islaman 2025”. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *